Norma-norma yang berlaku pada masyarakat Indonesia

Dalam pergaulanhidup di masyarakat terdapat 4 macam norma atau kaidah, yaitu:

  1. Norma agama, yaitu peraturanhidup yang diterima sebagai perintah-perintah, larangan-larangan dan anjuran-anjuran yang berasal dari Tuhan. Contoh: tidak boleh minum-minuman keras, berbuat maksiat,mengkonsumsi madat, dan lain-lain.
  2. Norma kesusilaan, yaitu peraturan hidup yang dianggapsebagai suara hati nurani manusia atau datang melalui suarabatin yang diakuidan diinsyafi oleh setiap orang sebagai pedoman dalam bersikap dan berbuat. Contoh: seorang anak durhaka terhadap orangtuanya.
  3. Norma kesopanan, yaitu peraturan hidup yang timbul dari pergaulansegolongan manusia yang diikuti dan ditaati sebagai pedoman yang mengatur tingkah laku manusia terhadap lingkungan sekitarnya (misalnya: orang muda harus menghormati yang lebih tua).
  4. Norma hukum, yaitu peraturan-peraturan yang timbul dari hukum yang dibuat oleh penguasa negara yang isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaannya dapat dipertahankan dengan segala paksaanoleh alat-alat negara.Contoh: melakukan pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, dan lain-lain.
About these ads

147 Tanggapan

  1. KALO NORMA KESOPANAN TIAP DAERAH TUH KAN BEDA-BEDA TRUSS GIMANA DONK CARANYA NYAMAINNYA PAMAN SAYA KAN ORANG BATAK SAY SENDIRI ORANG SUNDA

  2. 1. kalau norma-norma lingkungan hidup apa?
    2. konsep dasar lingkungan hidup bagaimana

  3. YOI NASRUL GITU LOH

  4. zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
    z
    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  5. norma-norma yang ada dilingkungan kita itu apa aja??????????

  6. bagaimana solusi setiap pelanggaran norma ?

  7. Solusi pelanggaran norma itu bagaimana?

  8. koQ NorMA keBIasaAN ny Koq Ga Ad?

  9. thanks infonya…

  10. norma lingkungan hidup ap ??

  11. Itu semua gga penting

  12. thanks ya… kebetulan lgi buat tugas. thx bgt…
    ada cntohnya lgi.

  13. . kbetulan d sini adda norma, tappi sayangnya norma normanya masih kurang 6 lagi .

  14. hemmmm………gw gag ngrti…..
    ..info’a d bxk.in agge dund…byar tmbah jlazzzzz……….

  15. Tambahan: Beberapa hal mirip dengan norma tapi tidak semestinya ditiru:
    1. NUR MAkan di sembarang tempat, karena sesuai norma kesopanan tempat makan mestinya hanya di mulut
    2. NUR MAlas beribadah karena sesuai norma agama sebaiknya malas kalau beri-beri, kan kakinya jadi bengkak
    3. NUR MAkai sandal hasil nyaut sandal orang lain di masjid karena bertentangan dengan sanubari apa lagi melanggar sangu bayi bisa dimarahi si ibu
    4. NUR MArkir motor di tengah jalan karena menurut norma hukum markir motor sembarangan apalagi di tengah jalan makanan itu bisa dipidana…
    yang lain bisa nambah … silakan., matur nuwun atas tempatnya

  16. gak da gambar nya yak??????????????

  17. eh kamu nggak niat

  18. aku mau cari cowok baru

  19. mau nanya, contoh dari norma-norma yg 4 diatas itu apa aja iaa???

  20. Bagus,,tambah terus materinya…
    pelajaran Pkn jadi lancharrr benar….
    makasih ya….

  21. norma itu kan berlaku pada semua masyarakat,,,,nah kalo yg melanggar norma itu adalah anak bayi gimana?

    • mikir kalee..?? O.o” bayi emang bisa ngelanggar norma toh namanya juga anak kecil blom ngarti apa2 emang kalo salah tuh harus dihukum?? gila kalo menurut Norma kesopanan ntu buka2 baju g boleh,, trus ntu bayi ditilang kasiian tuh bayi.. -.-” ckckck~
      nui orang kaga’ ngerti kalee yua? pantesan aje indo kaga’ maju” pertanyaan yang g masuk akal aje di bahas.. habeuh~! >.<

    • ga mungkin masa anak bayi melanggar praturan ga ada dalam kamus PKN

  22. Trima kasih pak kebetulan lagi nyari bahan buat US…………

  23. Norma ke5opanan

  24. seharus’a kalau ngomentari itu yang benar dund??????????

  25. casSADASAXASAXXXX

  26. terpaksa padahal males ama PKN

  27. yah, btl sekali

  28. 1.kalaw kita m3langgar peraturan di sekitar kita,c’perti mencuri,membunuh, apa sanksi nya / hukuman nya bagi orank yank membuat ke calahan ” itu…???

  29. gieManA cieCh cAra Qta unTUk mEneraPkan niLai2 dLam kEhidupant sosial dLam maSyarAkat ????

  30. NORMA ITU SEBENARNYA HARUS DI PATUHI BUKAN UNTUK DI LANGGAR TAPI , KEBANYAKAN MASYARAKAT INDONESIA MELANGGAR NORMA – NORMA TERSEBUT . ITULAH SEBABNYA INNDONESIA HANCUR DAN HUKUM HARUS DI TEGAKKAN

  31. tsfatSFHAFSCVfexdrxfdd`d

  32. SyukRon “”””!!!!
    Bwat tugas sekolah nich ”’!!!

  33. tolong gambarny donk..

  34. makan nya belajarrrrrrr

  35. nilai positif sama fungsi dari norma agama apa ?

  36. gak ada contoh2 peristiwa nya ihh …gak seru !!!!!

  37. norma – norma harus dijalankan didiri kita sendiri……kepada pejabat dan anggota DPR tolong norma – normanya hrs dilaksanakan terutama norma baik – baik…….

  38. iya sm2………
    yach …….
    tankhs…….

  39. cacad………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  40. klw norma adat itu apa

  41. wihhh kern nya

  42. wow saya jadi mengerti iniiiiiiiiiiiiiiiiiii………………………………….

  43. pelanggaran norma kesopanan apa aja sih ?

  44. NORMA KEBIASAANNYA MANA? GA LENGKAP INI

  45. Dimana bumi dipijat disitu langit dijunjung

  46. woww kenapa ini tidak lengkap???

  47. Siapa sih yang mempelopori norma kesopanan ???

  48. siapa sih yang mempelopori norma kesopanan ?

  49. apa pengertian norma kesopanan??????????

  50. tambah pengetahuan…. hahasiik…

  51. gafnabvs xgscjhsd

  52. Hati – hati memaknai norma kalau hanya pakai akal saja, apa lagi untuk Indonesia ……..apa kalau orang Papua hanya pakai koteka atau tidak pakai baju dibiarkan saja tetap tidak pakai baju dengan alasan memang normanya seperti itu bahkan dilestarikan untuk kepentingan keberagaman budaya dan pariwisata ……

  53. mau nanya, peraturan dan larangan dari norma2 tersebut apa ya?

  54. [...] Norma-norma yang berlaku pada masyarakat Indonesia [...]

  55. simple n mudah masuk k otak y…. :p

  56. alhamdulillah masuk semua
    sipp :)
    ok ok ok ok

    bikin aku makin suka sama yg namanya PKN

  57. kalau norma adat apa?
    yg tw kasih tw donk

  58. ada yg tau norma adat nggak?
    klo tau ksih tw donk..! hehe

  59. Mkasih yach. Sdah membantu Q dlm menyelesaikan tgas2Q…

  60. ini mau koment apa……
    curhat siii?

  61. tengkyuuuuuuu buat kisi kisi US nih useful bgt

  62. cuma segitu aja , norma nya ? :@

  63. klo contoh tradisi adat yang sudah luntur apa ya ??

  64. kak tanya makluk sosial itu apa kak?

  65. blz

  66. makhluk sosial itu= manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain/bergantung pada orang lain .

  67. kalo norma adat gimana?

  68. Clegbleksingeeeek aseekgudelluweeek

  69. apakah ketentuan yang ada di dalam kitab suci suatu agama juga merupakan norma?apa saja hal-hal yang mengatur tata cara ibadah di dalam kitab suci yang ada di suatu agama?

  70. aduh ini nomongin norma apa kg sih

  71. kalau norma-norma yang berlaku pada masyarakat eropa apa saja ? apakah sama dengan norma-norma yg berlaku pada masyarakat indonesia ? mohon pencerahannya.. Tks

  72. comment nya bnyk bgt…

  73. lw mnutq kayaknya sama tdk da prbdaan ………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  74. alhamdulillah,, utg ad nie pljarannn, jd aku bsa ngerjainn pr2 PKN :)

  75. ad contoh2 gambar norma2 gk??

  76. terima kasih

  77. saya punya tugas pkn, tetapi tentang norma agama apakah bpk ibu bisatolong bantu sya??? tetapi secara lengkap tentang norma agama nya… soalnya di buku saya tidaklengkap
    terimakasih

  78. apa bp ibu guru bisa bantu tmn saya qhuallah (??) klo bisa sms ke 085711171314 ;) thaks deh -_-”

  79. sekalian gambarnya :D

  80. tugassssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss^_^ ~_~

  81. klo msalnya ada soal norma yang berlaku di daerah lain, gmana jwabnya?????????????????????????????????????????
    terus bgaimana mngomentari tntang norma2 yg ada???????????????

  82. sekarang ini…….secara teori …….setiap WNI telah mengenal ber macam2 Norma yang ada di indonesia. akan tetapi ….. sangat mengecewakan…….dulu belajar PMP ( Pendidikan Moral Pancasila ) yang lebih menekankan moral setiap warga, bukti pelaksanaannya boleh dikata sesuai dengan yang diharapkan…….akan tetapi setelah diganti dengan PKN ( Pendidikan Kewarga Negaraan )…….bukti pelaksanaannya jauh yang diharapkan……..contohnya : banyaknya perilaku2 warga yang menyimpang yang tidak sesuai dengan UU yang berlaku di Indonesia pada umumnya. Kami meminta tanggapan nya ! Trims…………

  83. saya ingin tahu tentang norma yang berlaku di daerah lain

  84. saya ingin tahu norma yang berlaku di daerah itu seperti apa dan di daerah lain

  85. Hey there, I think your blog might be having browser compatibility
    issues. When I look at your blog site in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it
    has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!

    Other then that, awesome blog!

  86. nah ini baru benerrr… ;)

  87. dalam tata pergaulan kehidupan berkeluarga perlu didasarkan atas norma apa ?

  88. jadi kedudukan norma mana yg tertinggi di kehidupan masyarakat kk

  89. norma hukum

  90. contoh pertentangan norma dalam masyarakat?

  91. apa yg kita butuhkan dalam melaksanakn nrma tsb????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: