Course Review Horay

Suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay.

Langkah-langkah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru mendemonstrasikan / menyajikan materi sesuai tpk.
  3. Memberikan siswa tanya jawab.
  4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9 / 16 / 25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing.
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x)
  6. Siswa yang sudah mendapat tanda v vertikal atau horisontal, atau diagonal harus segera berteriak horay atau yel-yel lainnya.
  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh.
  8. Penutup.

Kelebihan:

1. Pembelajarannya menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalamnya.
2. Melatih kerjasama.

Kekurangan:
1. Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan.
2. Adanya peluang untuk curang.

31 Tanggapan

  1. Menurut hemat saya, tidak ada cara untuk menjadi seorang guru yang handal, kecuali dengan belajar sambil bekerja secara terus menerus. Tetapi, belajar dari pengalaman akan menjadi lebih bermakna apabila GURU juga belajar dari berbagai sumber yang menyumbangkan pada perkembangan pendekatan pembelajaran.(seperti yang ibu paparkan)
    Ada 3 hal yang selalu saling berkaitan dalam praktek atau cara kerja kita sebagai seorang guru yaitu: paradigma dan teori/filosofi pembelajaran yang kita gunakan, metodologi (mencakup pemilihan metode/teknik), serta instrumen (mencakaup penggunaan media).
    Kita mungkin juga jangan menjadi seorang penganut teori tertentu secara “fanatik”, karena ilmu yang paling relevan dalam menjalankan peran/tugas guru adalah sekolah itu sendiri.
    Saya kira ini bu sebagai bahan renungan kita dalam menjalankan tugas sebagai guru (fasilitator ilmu).

    salam,

    —————–
    Betul Pak, menurut hemat saya juga begitu, kita tidak bisa hanya berpedoman teori – teori tertentu, yang mana guru harus bisa menyesuaikan model model / teori teori pembelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolahan dan dukungan dan kebijakan sekolahan.

  2. teori yang mendukung akan metode pengajaran ini apa ya bu?
    soalnya saya tertarik ingin mempelajari metode pengajaran ini.
    sangat berharap ibu mau membalas pesan ini, karena saya sangat membutuhkan bantuan ibu untuk menyelesaikan tugas akhir saya.

  3. kalau boleh saya tau buku tentang course review horay ini dimana bisa memesannya??saya butuh sekali.

  4. Saya butuh referensi/buku yang lebih banyak tentang pembelajaran ini. saya sangat butuh buku tentang ini. tolong kirimkan jawabannya ke email saya. terima kasih banyak sebelumnya.

  5. tolong donk kirim referensi buku tentang metode ini.terima kasih sebelumnya.

  6. menurut saya patut untuk dicoba menanggapi era pendidikan yang semakin maju peserta didiknya.landasan teori dan landasan filosofisnya apa?sekali lagi terima kasih.

  7. saya lagi nie,saya betul2 butuh referensi bukunya.jadi minta tolong dikirim ke email saya ya bu. terima kasih

  8. sekali lagi minta dikirim referensi bukunya ke email saya ya bu.terima kasih banyak

  9. Saya masih bingung tentang penggunaan metode teori ini, sebab disini tidak dijelaskan secara jelas mengenai contoh bagaimana siswa membuat kotak yang harus mereka isi. Dan lagi saya masih merasa kesulitan dalam hal pemberian materi yang akan saya demonstrasikan, karena saya adalah seorang guru BP/BK di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan. Yang dalam hal ini untuk memberikan soal-soal yang berhubungan dengan materi BP/BK, saya harus bagaimana jika saya menggunakan metode pembelajaran course review horay? apakah metode ini juga dapat diterapkan di mata pelajaran BP/BK? saya mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya.

  10. metode course review horay sepertinya sangat menarik, boleh tidak saya tau teori yang mendukung akan metode pengajaran ini. bantuan ibu Kiranawati pasti sangat membantu. terimah kasih banyak

  11. bu tlong krimkan referensi bku mngenai model pembelajaran ini. tlong krim ke email sya ya bu. trims sebelumnya..

  12. maaf bu, mau tanya, mtode course review horay ini sapa yg menemukan y? trus teori lengkap ttg mtode ini saya bs temukan di buku apa? saya butuh sekali teori yg lengkap ttg mtode ini untuk bahan penelitian saya…tolong dikirim ke email saya ya bu, saya mohon bantuannya…terima kasih sebelumnya..

    • M’f bu ne cman mw tnya klu Pembelajaran Model Course Review Horay siapa yG menemukan n Bu dpat Referensinya dri mna, solnya saat ini sya lgi dalam pengertian Skripsi sya mengenai PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY, jdi Bu tlong bantuin sya n klu bsa krim ke Al FB sya (Zagasgainau@yahoo.co.id)

    • M’f bu ne cman mw tnya klu Pembelajaran Model Course Review Horay siapa yG menemukan n Bu dpat Referensinya dari mana, soalnya saat ini saya lagi membutuhkan dalam hal ini Skripsi saya mengenai PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY, jdi Bu tlong bantuin sya n klu bsa krim ke FB sya (Zagasgainau@yahoo.co.id). Makasih sebelumnya

  13. maaf bu, mau tanya, mtode course review horay ini sapa yg menemukan y? trus teori lengkap ttg mtode ini saya bs temukan di buku apa? saya butuh sekali teori yg lengkap ttg mtode ini untuk bahan penelitian saya…tolong dikirim ke email saya ya bu, saya mohon bantuannya…terima kasih sebelumnya..
    email : mug.aisyah@gmail.com

  14. bu tlong krimkan referensi bku mngenai model pembelajaran ini. tlong krim ke email sya ya bu. trims sebelumnya..

  15. kalo boleh tau, pesan referensi tentang COURSE REVIEW HORAY dmn ya??

  16. bu, saya minta tolong kirimkan referensi buku mengenai model pembelajaran ini.
    tolong kirim ke email saya..
    terima kasih..

  17. koq pertanyaan dari teman-teman yang mau tau judul bukunya nggak dibalas siiii

  18. bu, saya minta tolong kirim nama pengarang dan penerbit buku metode course review horay yaa.trimakasih

  19. buk,boleh minta file2 tentang metode course review horay?
    metode dalam skripsi saya menggunakan metode ini

  20. Bu saat ini saya sedang membuat skripsi bahsa inggris melalui motedi CRH
    klo bopleh tau siapa nama pengarangnya ya buuu,,,….

  21. bu saya sangat butuh refresnsi” buku CRH bu
    apa ya buuu tlong krimin ke email saya ya buuu…makasih sblumnyaa
    indryan_phy99@yahoo.com

  22. mnta tlg ksh tau referensi untuk buku ini yy bu untuk pnulisan skripsi lg bingung referensix..
    tlg dkrimkan ke email saya meyliana_90@yahoo.com
    mkasiihhhh sblmnya🙂

  23. saya juga butuh referensi buku tentang ini boleh saya minta referensinya. tlg krim ke email saya vicalia89@gmail.com terimakasih sebelumnya.

  24. ada contohnya gak cara bwt kotak-kotaknya???saya masih bingung nih….

  25. mksh atas paparan diatas, bisa minta referensinya, saya membutuhkan bnget nie, klo bsa secptnya
    pengarang
    penerbit
    dan judul buku
    tahun terbit
    mksh sblmnya…
    kirim ke subaidiyanto@yahoo.com
    mksh atas kerjsamnya

  26. saya jg butuh referensi buku mengenai ini bu,,ada berapa buku ne bu??,tlg kirim k email dnk,,
    makasih

  27. permisi…
    maf bisakah ibu mengirimkan file referensi CRH ini ke email saya ardhires@gmail.com. saya butuh bgt referensinya bu.
    terimakasih🙂

  28. bu saya butuh referensinya…. tolaong kasih tau ya bu , judul, pengarangan, penerbit, tahun terbit, tempat.
    terimakasih bu

  29. masih bingung bu..😛

Tinggalkan Balasan

