Siswa dikelompokkan secara heterogen kemudian siswa yang pandai menjelaskan anggota lain sampai mengerti.
Langkah-langkah:
- Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll.).
- Guru menyajikan pelajaran.
- Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
- Guru memberi kuis / pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
- Memberi evaluasi.
- Penutup.
Kelebihan:
1. Seluruh siswa menjadi lebih siap.
2. Melatih kerjasama dengan baik.
Kekurangan:
1. Anggota kelompok semua mengalami kesulitan.
2. Membedakan siswa.
Filed under: Model Model |
Thank you for your article.
[…] Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
tipe STAD to pelajaran PAI ad g???
tlg ya dkrm ke e-mail saya.thnks b4.
[…] Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] 5. Team recognize (penghargaan kelompok) Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang, masing-masing team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40 Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] 5. Team recognize (penghargaan kelompok) Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang, masing-masing team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40 Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] 5. Team recognize (penghargaan kelompok) Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang, masing-masing team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40 Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] MODEL STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) Siswa dikelompokkan secara heterogen kemudian siswa yang pandai menjelaskan anggota lain sampai mengerti. Langkah-langkah: […]
[…] Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] 1. Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]
[…] MODEL STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) […]
[…] Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) […]