Bagaimana Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ?

Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri (dilakukan dalam pembelajaran biasa bukan kelas khusus) dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Guru berperan sebagai pengajar dan pengumpul data)

PTK memiliki karakteristik sebagai berikut.

  1. Masalah berawal dari guru
  2. Tujuannya memperbaiki pembelajaran
  3. Metode utama adalah refleksi diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian
  4. Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
  5. Guru bertindak sebagai pengajar dan peneliti.

Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK ?

  1. Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya
  2. Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran
  3. Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya
  4. Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik
  5. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.

Bagaimana guru bisa menemukan permasalahan dan dapat mengindentifikasikan permasalahan.

Untuk mengindentifikasikan permasalahan yang akan diteliti bagi guru sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, dengan syarat guru rajin – rajin untuk membuat catatan – catatan setiap sesi pembelajaran. Dengan catatan – catatan tersebut guru bisa merenungkan dan memikirkan kekurangan ataupun kelebihan guru dalam penyampaian materi pembelajaran. Kekurangan – kekurangan itulah yang akan menjadi bahan PTK. Sebab permasalahan bisa datang dari siswa maupun dari guru itu sendiri, disini guru dituntut untuk jujur dalam arti jika dalam sistem pembelajaran kekurangan datangnya dari guru itu sendiri, guru harus mengakuinya.

Contoh contoh kasus yang mungkin bisa digunakan untuk dilakukan PTK misal :

  1. Siswa kurang berminat dalam menerima pelajaran.
  2. Siswa hasil ulangannya selalu dibawah standart
  3. Siswa setiap tanya jawab selalu enggan untuk menjawabnya

Contoh contoh kasus diatas mungkin sering kita jumpai dalam setiap mata pelajaran.

Dengan kasus – kasus diatas guru harus bisa merumuskan permasalahan.

Guru mencari penyebab terjadinya kasus diatas.

Penyebab terjadinya kasus diatas bisa terjadi karena yaitu :

Dalam menerangkan materi pembelajaran guru kurang menguasai materi

  1. Terlalu cepat dalam menjelaskan / menerangkan materi
  2. Terlalu banyaknya siswa diberi catatan – catatan tanpa ada penjelasan dari guru
  3. Terlalu panjangnya pertanyaan – pertanyaan yang diberikan
  4. Guru kurang memberi waktu berpikir bagi siswa
  5. Guru tidak memberi kesempatan siswa untuk bertanya
  6. Model pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa
  7. Terlalu banyaknya siswa dalam kelas
  8. Sarana dan prasarana yang kurang memadai

Misalnya setelah di cermati dan di analisa kasus tersebut diatas, terjadi karena model pembelajaran. Dalam hal ini guru harus melakukan tindakan tindakan perbaikan model pembelajaran. Rencana tindakan perbaikan ini dicantumkan dalam rencana pembelajaran yang digunakan dalam mengajarar.

Rencana perbaikan bisa menggunakan dengan beberapa siklus

Siklus 1

Tindakan 1

Melakukan tindakan dengan cara menggunakan metode / model pembelajaran yang baru, yang dianngap bisa memperbaiki hasil belajar.

Refleks 1

Mengumpulkan data data selama kegiatan pembelajaran langsung dan dianalisis. Dari hasil analisis guru bisa membuat tolak ukur keberhasilan dan kegagalan yang dicapainya dalam tindakan perbaikan.

Siklus 2

Siklus 2 digunakan untuk mengimplementasikan serangkain kegiatan pembelajaran pada siklus 1 setelah dilakukan revisi – revisi terhadap kekurangan yang terjasi pada siklus 1 yang belum tuntas

Berdasarkan hasil refleksi tersebut dapat disimpulkan berhasil tidaknya keseluruhan tindakan implementasi pembelajaran di dalam kelas terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Apabila pada siklus II tujuan PTK sudah dapat tercapai, maka tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Tetapi apabila tujuan belum tercapai, maka perlu dilanjutkan siklus berikutnya

42 Tanggapan

  1. saya suka artikel ini, tapi sayang gambar siklusnya gak di upload kapan di update bu?

    nuwun

    ———-
    mudah mu dahan dalam waktu dekat

  2. Penjelasan tersebut di atas cukup jelas namun alangkah senangnya apabila setiap penjelasannya diberikan bagan atau alur-alurnya. JAdi lebih Ciamik lho n lebih mudah dipahami.

  3. Alhamdulillah wawasan saya bertambah dengan membaca artikel-artikrl yang ada, terutama PTK.
    Kapan nih dilengkapi dengan alurnya.
    Ditunggu ya…

    Thanks b4

  4. PTK itu semestinya harus untuk semua guru yang akan memperbaiki kinerjanya. Bisa ditampilkan contoh proposal PTK di blog ini agar dapat dimanfaatkan banyak guru.

    ———————————–
    Sebenarnya Sudah ada , Insya Allah Akan Saya Tampilkan

    • salam kenal.nama saya : fitri sineri.saya Mhs Universitas Cendrawasih-Papua.jurusan Ilmu Pendidikan.
      saya memerlukan bantuan dari Bapak karna dalam waktu dekat ini saya akan melaksanakan praktek mengajar,kiranya Bapak dapat membantu saya untuk memberikan gambaran mengenai refrensi yang akan di gunakan sebagai panduan praktek mengajar untuk tindakan kelas.

      atas bantuan Bapak,saya ucapkan Trima Kasih

      • okey …. silahkan kirim permasalahan yang mana agar jawaban saya lebih saya khususkan kepermasalahan lapangan

  5. Penelitian Tindakan Kesalas (PTK)sebetulnya sebagai upaya Guru untuk mendapatkan jawaban tentang permasalahan pembelajaran siswa secara valid. Tindakan ini sebetulnya amat positif bagi setiap guru untuk mendiagnosis ketercapaian pembelajarannya beserta peserta didik. Upaya-upaya mendapatkan jawaban terhadap permasalahan hasil pembelajaran siswa bersama dengan guru di kelas. Karena itu saya sependapat dengan artikel ini, dengan PTK guru akan mampu mengidentifikasi permasalahan belajar misalnya:
    1. Mengapa siswa tidak mempunyai motivasi belajar.
    2. Mengapa prestasi belajar siswa cenderung menurun.
    3. Mengapa siswa cenderung tidak partisipasif dalam pembelajaran di kelas.
    Permasalah-permasalahan pembelajaran seperti itu akan didapat jawabannya oleh guru, apabila guru bersangkutan berani melaksanan penelitian (PTK. Tetapi kenapa jarang ada guru yang mau melaksanakan?

    ==============================================================
    Yang jadi masalah Banyak Guru yang masih awam dengan PTK, mungkin sosialisasinya kurang, seharusnya pihak – pihak yang terkait lebih giat untuk melakukan Sosialisasi, dan juga budaya untuk mengakui kekurangannya bagi guru sebagian masih malu.

    • dan yang lebih khusus lagi sang Guru harus menghidupkan hati nuraninya untuk selalu jujur akan kekuranga yang telah dilakukannya di dalam kelas. dengan begitu akan terjadilah hubungan timbal balik yang lebih akrab dengan siswa (di kelas) yang dijadikan objek sehingga kita dapat me lobing ke siswa apa sebenarnya yang bisa membantu mereka dan gurupun harus mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi

  6. tolong minta contoh RPP kelas V bidang study Bahasa Indonesia,Matematika,IPA

  7. saya terima kasih ats ptnjk PTK bolehlah contohnya n bg yg bth cnth PTK MTK blh kontk alamat sy

  8. […] Bagaimana Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ? […]

  9. mau nanya adakah reff PTK yang peneliti ikut terlibat dalam siklus??semisal sebatas membantu,tolong bantu saya trimakasih.

  10. tolong minta contoh RPP kelas IX IPS, dan contoh proposal PTK, terimakasih ya….

  11. Terima kasih penjelasannya

  12. i like it thanks aalot
    syukron katsiron

  13. artikelnya sangat membantu
    trims

    owner
    majumapan.info

  14. saya butuh contoh model PTK untuk kenaikan tingkat ke IV b . Bisakah menolong saya ? pelajaran apa saja

  15. thanks atas infonya…………
    walaupun saya masih bingung,sy akan coba……..

  16. Thanks utk infonya…..
    Boleh dibagi alurnya karenanya saya masih bingung
    ditunggu ya bu

    • bingung masalah apanya Ibu Ratna ….? silahkan ibu kirim ke emailku pertanyaan Ibu dan INSYAALLAH saya akan memberikan info semaksimal kemampuan saya kalau ke fb alfian nurdin
      saya adalah seorang laki-laki 2-6-1975

  17. saya banyak wawasan dari baca ptk td

  18. tolong beri tahu contoh penelitian tindakan kelas tingkat SMA

  19. dari penjelasan diatas luman menambah pengetahuan PTK,tetapi z berharap diberi penjelasan lebih detail lagi,klo perlu beri contoh hasil PTK

  20. ya penjelasannya mencerahkan saya mengenai PTK.

  21. Terima-kasih dan semoga amal ini akan terus membuahkan kebaikan kepada Anda, dan izinkan saya dan rekan2 saya lainnya melanjutkan amal Anda ini.

  22. pak, pada PTK untuk siklus keduanya, guru menggunakan materi berlanjut atau mengulangi materi pada siklus pertama? buku yg mendukung hal tersebut apa y pak? mohon petunjuknya. terimakasih

  23. lanjutkan

  24. makasih yach atas bantuannya,sangat bagus untuk referensi

  25. thanks info ptkx

  26. saya ingin sekali menulis/ membuat PTK tetapi sering kali mengalami kendala yaitu pada waktu memulai itu dari mana!

  27. ada gak yang mau upload hasil PTK lengkap, minimal buat tambahan referensi…trim.

  28. pak tolong diupload intrumen untuk menilai motivasi belajar siswa smp, trim pak bantuannya…semoga ilmu bapak menyebar luas dan makin banyak orang yang ngerti ttg cara menilai motivasi khususnya, serta PTK pada umumnya

  29. Thanks.. untuk penjelasannya.. saya sdh terbantu untuk PTK ini, hanya sj saya terbentur pada siklus-siklus ini,,, gmana maksud siklus ini ? apa boleh tanpa siklus ?… trims.

  30. tank buat referensi

  31. OMG , apakah Anda melihat apa yang terjadi di Suriah ? Meskipun tindakan keras pemerintah brutal, demonstrasi terus

  32. Happy New Year to All!

  33. sy dapat terbantu juga dg artikel ini, mudah-mudahan ada peningkatan materi PTK ini

  34. mohon ditambah materi PTK yang up to date

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: