Cooperative Script

Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

Langkah-langkah:

  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan.
  2. Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
  5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
  6. Kesimpulan guru.
  7. Penutup.

Kelebihan:

  • Melatih pendengaran, ketelitian / kecermatan.
  • Setiap siswa mendapat peran.
  • Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan.

Kekurangan:

  • Hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu
  • Hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut).

48 Tanggapan

  1. Punya jurnal model pembelajaran kooperative script ini, saya lagi kesulitan mencari, boleh saya minta data/ jurnalnya, terimakasih banyak…

  2. terimakasih pak, lagi baca-baca model pembelajaran nich 🙂

  3. Saya lagi buat proposal skripsi tentang pembelajaran kooperative script, saya lagi membutuhkan jurnal tentang pembelajaran cooperativ ini. Bisa minta jurnalnya? kalo ada sekalian jurnal pembelajaran word square. Trimakasih,

  4. bisa minta tolong kasih tau tentang judul buku dan pengarangnya pembelajaran kooperativ script ini? Trimakasih sebelumnya.

  5. assalamu’alaikum wr. wb
    ibu, ini nisa, nisa lagi kebinggungan mencari buku atau jurnal yang menjelaskan model ini lebih banyak karena nisa lagi menyusun skripsi.tolong bantuannya ya bu?, oh ya bu’ kooperatif scrip ini termasuk model atau metode belajar sih? tolong ya bu’ nisa lagi kebingungan.tolong balas ke e-mail nisa ya bu’.
    terima kasih…
    wassalamu’alaikum

  6. ibu.. mohon bantuannya.. i wanna ask U 4 a help please.. ada jurnal atau data2 tentang semua hal mengenai metode pembelajaran cooperatif script? ada daftar pustaka yang bisa saya jadikan rujukan referensi? saya Aan sedang kuliah semester 8, hendak menagmbil judul Cooperatif Script dalam TIK
    terimakasih atas bantuannya

  7. buk saya lagi butuh daftar pustaka mengenai skrip kooperatif ini, tolong kirim ke email saya ya bul, makasih…..

  8. tolong dong dikirimkan jurnalnya tentang cooperatif script

  9. ibu.. mohon bantuannya.. i wanna ask U 4 a help please.. ada jurnal atau data2 tentang semua hal mengenai metode pembelajaran cooperatif script? ada daftar pustaka yang bisa saya jadikan rujukan referensi? saya yennisedang kuliah semester 6, hendak menagmbil judul Cooperatif Script dalam skipsi saya
    terimakasih atas bantuannya

  10. ibu.. mohon bantuannya.. i wanna ask U 4 a help please.. ada jurnal atau data2 tentang semua hal mengenai metode pembelajaran cooperatif script? ada daftar pustaka yang bisa saya jadikan rujukan referensi? saya yenn isedang kuliah semester 6, hendak menagmbil judul Cooperatif Script dalam skripsa saya

  11. ibu…mohon bantuanya untuk memuat buku tentang kooperativ skrip,thank u.

  12. buk saya mau tanya buku tentang skript cooperative sebab saya lagi menyusun skripsi saya.saya mohon bantuan dari ibu pengarang buku tersebut..tlng ya bu.ini no telpon saya 085268713007

  13. mbak……ada jurnal tentang model ini? saya mau nyusun skripsi jadi, tolong ya, mbak!!!! kalo ada kirim ke email saya astity_keren@yahoo.com ato hub. di no 081916171421. bantuan anda sangat berharga bagi saya………………….terimakasih sebelumnya!

  14. tolong minta bantuannya bu,, sy sedang membuat skripsi tentang cooperative script dalam pembelajaran dokkai(baca pemahaman bahasa Jepang). tolong bantu berikan reverensi buku yang bisa dibaca,, tolong kirim lewat email saya..
    terimakasih banyak ya bu ^^

  15. assalammu’alaikum bu……………………….
    da g’ jurnal tentang ini ? karena lagi butuh banget ni……………………….

  16. buku koperative script buku refrensinya buku pa??

  17. ass
    saya yuyun, saya kemarin nyari buku tentang cooperative script tapi bukunya g ada, bisa minta dikirim jurnal dan buku tentang cooperative script?
    hatur nuhun

  18. Assalamu’alaikum.Wrwb..
    Bu saya lagi perlu materi lengkap tentang cooveratipe Script dan jurnalnya buat proposal skripsi saya. Ibu bisa bantu?

  19. assalammualaikum wr.wb
    buk saya minta tolong di kirimkan referensi yang bisa saya baca untuk membuat skripsi saya tentang cooperative scrift. saya kesulitan dalam mencari referensinya. kalau ada kirim ke email saya Meri_fm@Yahoo.com atau hubungi saya ke 085769207269. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  20. bu, bolehkah saya minta bantuan ke ibu. saya sangat membutuhkan daftar pustaka atau referensi tentang cooperative scrift. jika ada tolong kirim email saya rahmayantiw@yahoo.co.id atau hubungi saya di 085228822806

  21. bu, saya minta tolong utk semua reference ttg kooperatif script. Klo ada d email aja ya…alamatnya : dewi_sheva@yahoo.com…trus klo boleh tau ada ga buku ttg kooperatif script? penerbit sama penulisnya sypa ya?…makasi

  22. […] Cooperative Script […]

  23. assalammualaikum wr.wb
    bu, nama saya ratih minta tolong di kirimkan referensi yang bisa ratih baca untuk membuat skripsi tentang cooperative scrift. ratih kesulitan dalam mencari referensinya. kalau ada kirim ke email Ratih_utari12@yahoo.co.id atau hubungi saya ke 085250311140 atau 085656517093 atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  24. selamat siang bu, saya ingin minta tlong. ada tidak jurnal atau buku yang membahas mengenai cooperative script. soalnya saya lagi nyusun ptk. mohon bantuanya ya bu…………… terima kasih sebelumnya bu, selamat siang.

  25. […] Cooperative Script […]

  26. selamat siang bu, saya ingin minta tlong. ada tidak jurnal atau buku yang membahas mengenai cooperative script. soalnya saya lagi nyusun ptk. mohon bantuanya ya bu…………… terima kasih sebelumnya bu, selamat siang.

  27. […] COOPERATIVE SCRIPT Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Langkah-langkah: […]

  28. assalamualaikum, aku minta tolong kirimi ke email ku pa saja refrensi untuk cooperative script. karna untuk aku buat skripsi..

  29. MOHON MODEL PEMBELAJARANNYA DI PERBANYAK

  30. Asw bu sy lg nulisttg cooperative script tlg krm ebook nya boleh sy cari di toko n ebook kok tidak ada ya tlg bls kemail sy ya

  31. […] Cooperative Script […]

  32. Assalamu’alaikum.Wrwb..ng menulis skripsi.
    mungkin ibu berkenan membagi referensi yang saya bisa baca mengenai cooperative script…
    sebelumnya terimakasih

  33. assalamualaikum w, wb
    kepada penulis mbak kiranawati..
    apakah ada jurnal tentang cooperative script?
    saya sangat membutuhkan sekali.

    terima kasih sebelumnya

  34. assalamualaikum, bu
    sy sedang menyusun skripsi ttg metode cooperative script. sy minta buku dan jurnalnya bu. terima kasih

  35. […] Cooperative Script […]

  36. […] COOPERATIVE SCRIPT […]

Tinggalkan komentar