PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA

Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM).

Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseoarang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang, dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM).

Pengadilan Hak Asasi Manusia adalah Pengadilan Khusus terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat. Pelanggaran HAM yang berat diperiksa dan diputus oleh

Pengadilan HAM meliputi :

  1. Kejahatan genosida;
  2. Kejahatan terhadap kemanusiaan

Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara :

  1. Membunuh anggota kelompok;
  2. mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok;
  3. menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya;
  4. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok; atau
  5. memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.

Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil, berupa :

  1. pembunuhan;
  2. pemusnahan;
  3. perbudakan;
  4. pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;
  5. perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang-wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional;
  6. penyiksaan;
  7. perkosaan, perbudakan seksual, palcuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara;
  8. penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional;
  9. penghilangan orang secara paksa; atau
  10. kejahatan apartheid.

(Penjelasan Pasal 7, 8, 9 UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM)

Penyiksaan adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan yang hebat, baik jasmani maupun rohani, pada seseoarang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang dari orang ketiga, dengan menghukumnya atau suatu perbuatan yang telah dilakukan atau diduga telah dilakukan oleh seseorang atau orang ketiga, atau mengancam atau memaksa seseorang atau orang ketiga, atau untuk suatu alasan yang didasarkan pada setiap bentuk diskriminasi, apabila rasa sakit atau penderitaan tersebut ditimbulkan oleh, atas hasutan dari, dengan persetujuan, atau sepengetahuan siapapun dan atau pejabat publik (Penjelasan Pasal 1 angka 4 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM)

Penghilangan orang secara paksa adalah tindakan yang dilakukan oleh siapapun yang menyebabkan seseorang tidak diketahui keberadaan dan keadaannya (Penjelasan Pasal 33 ayat 2 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM)

About these ads

199 Tanggapan

  1. Apakah menurut anda ham yang di berlakukan saat ini dapat mengeluarkan manusia dan wanita pada khususnya dari efek negatif pergaulan ????
    sebab pengamatan saya saat ini pergaulan atau kebebasan untuk wanita itu hanya akan membawa dampak negatif yang sangat besar bagi kehidupan mereka di dunia dan lebih lagi di akhirat. Contohnya seorang wanita seenaknya berpakaian yang sexy dimana dia telah melanggar norma yang berlaku pada masyarakat sekitarnya kemudian dia mengatakan “itu kan hak saya badan badan gua ya bila lu gak suka ya jangan liahat” inikah hasil produk yahudi dengan senjata HAMnya & apakah ini pantas diberlakukan di negara yang terkenal dengan adat & kesopanannya & bagaimana sopan itu menurut HAM & anda?????
    saya berharap anda untuk menjawab pertanyaan ini sebagai pahlawan ham
    adyalbugisiyah

    • ya sya setuju……:-*

    • Pelaksanaan hak asasi selalu berbarengan dengan kewajiban asasi. ketika pelaksanaan hak asasi itu membuat hak orang lain terlanggar maka dapat dikatakan telah terjadi pelanggaran terhadap hak asasi. usaha untuk melindungi HAM adalah usaha untuk memanusiakan manusia, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia itu sendiri. bukan untuk berbuat semaunya sendiri kemudian menjadi tidak perduli terhadap akibat negatif untuk orang lain ataupun pandangan buruk orang lain. ketika seorang wanita berpakaian seenaknya/mempertontonkan auratnya maka dia telah merendahkan harkat dan martabatnya sebagai manusia, bagaimana dia bisa menghargai hak asasi orang lain sedangkan hak asasinya sendiri (hak untuk dihargai dan dihormati) tidak dia lindungi ?

    • sy sih setuju aja

    • mmg manusia mmpunyai hak dan kwjiban sndri. tetapi, kita tidak bleh mllkukan hal-hal yg seenak nya yang dapat mmbuat kita trjerumus kedalam prilaku yang negatif. gunakan lah hak & kewajiban kita dengan sebaik baiknya..

    • saya setuju itu bos

  2. AWAK TU HALI
    THANKS YOUS HALI

  3. JIKA ENGKAU PUNYA KERIS
    TUSUKANLAH DI IKAN HIU
    JIKA ENGKAU BISA BAHASA INGGERIS
    APAKAH ARTI I LOVE U??????

  4. U TAU ONI Gk ??????
    DYA TU HALI AND MATANYA SAYU2 LEMES!!!!!!!!!!!!!!

  5. AND ONI GAK PERNAH SHOLAT SUBUH MAKANYA KELAKUANNYA ANEH D SEKOLAHAN………..
    TPI KLO ADA DEA LANGSUNG SEGAAAARARRARARRARRARA

  6. SORRY AKU CURHAT

  7. apakaH hukuman Mati yG diJatuHkan paDa NaraPidana ItU melanGgar HAM kaRna mencabut nyawa seseorang adalah salah satu bentuk pelaNgGaran HAM????????

    • bismillah
      asslm…..aq rasa tidak yach melanggar HAM,,,,,,karena hukuman pidana mati itu telah sah di tetapkan dalam UUD 1945,,,,,lw pasal nya aq ga tw yachh
      wassalm,,,

    • mungkin pertama sekali yg harus kita ketahui adalah pengertian dr HAM itu sendiri, dalam alquran dikatakan aku menciptakan jin dan manusia dan hanya untuk beribadah kepadaku!!! pada salah satu isi dr HAM itu adalah menjadi manusia yg sesungguh nya dan beribadah kpd tuhan yg maha esa.
      jadi kalau ada org yg melakukan kejahatan yg melampaui batas maka tidak bertentangan dengan HAM, bukan krn UUD tetapi mmanusia itu perlu di hukum mati krn manusia itu tidak menjalankan diri nya sebagai manusia dan tidak beribadah kepada tuhan yg maha ESA jadi ya di sesuaikan dengan isi dari al quran tersebut sekali lagi saya ulangi, alloh bersabda ” aku mencintakan Jin dan Manusia hanya untuk beribadah kepadaku”

  8. hha.

  9. apakah Hak asasi manusia yang selama ini di tegakan di negara kita, sudah berlaku keseluruhannya ?
    jika ia, mengapa banyak sebagaian warga indonesia, yang kehidupannya masih tidak layak. dengan contoh kecil saja, kita bisa lihat di lingkungan sekitar kita, apalagi di bawah jembatan. banyak anak kecil, yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak, tetapi pada saat itu ia harus bekerja, demi mencari nafkah. apakah dengan kesimpulan HAM di indonesia sudah di jalankan sepenuhnya,

    • blom,krn sampai krang ne masih banyak masyarakat menengah ke atas yg menindas org2 kecil,ok da bantuan untk skolah,tp kbanyakan yg mendapat pendidikan gratis dr kalangan yg mampu jg,jarang diambil anak2 yg bert4 tinggal dikolong jembatan or yg laen’e
      jd skarang siapa yg tidak bijak sana???????????.

      • menurut saya yang tidak bijaksana adalah pemimpin-pemimpin yang ada sekarang ini……..
        mereka hanya menikmati apa yang telah mereka peroleh tetapi memikiri nasib masyarakat yang ada dibawah derajtnya……

  10. apakah kasus yang terjadi di depan universitas candrawasi abepura jayapura 16 maret 2006 suatu pelanggaran ham?
    ketika itu korbannya adalah oknum polisi

  11. sbenernya ada baiknya bahwa ada perem puan yg berbuat seperti itu karna nambah pelajaran kesabaran

  12. sbebenernya bukan satu pihak aja yang salah tapi hampir smua pihak salah kok…..

  13. mohon maaf sebelumnya
    bukan bermaksud menyinggung
    tapi mohon lebih lengkap lagi !!!!

    -trims-

  14. top n lngkp. tmn2 yg mau email ma aku silahkan….

  15. saya lagi cari pelajar ham untuk tugas pkn

  16. thx yah materinya..
    buat tugas kewarganegaraan nii.. :D

  17. i just able to say: Thanks a lot guys. it’s so important to know bout HUMAN RIGHTS,, even s’times we have another persption about it….
    okeH,, gwd luck yak….

  18. sejak kapan manusia memiliki hak asasi ?
    terbenih sejak di dalam kandungan (saat sel sperma dan ovum bertemu)?
    sejak lahir?
    atau . . . ?

    • sejak azali…….manusia memangla perlu ada hak asasinya.kalow tak bukan manusia tue……….

    • kada dosen saya sich HAM itu ada setelah 100 hari ibu Hamil itu sudah wajib di lindungi krn janin tersebut sudah menjadi manusia, alasan nya ya kenapa janin yg di dalam perut harus di lindungi krn dalam Hukum bahwa melakukan aborsi itu tidak boleh bahkan hukum alloh juga tidak bisa krn bayi yg dalam
      kandungan itu juga punya hak untuk hidup dan terlahir……maka mereka harus di lindungi dan bila melakukan aborsi atau pembunuhan dalam kandungan itu sudah jelas melanggar HAM

  19. aku mau ngebuat makala tentang ham mohon bantuannya bagai mana ham dijslsnkan pengertian ham aku mohon kalau tugas ini gak selesai minggu depan aku bisa lari keliling lapangan dan di bikin malu di depan kelas apalagi pak mardes itu orangnya kuat menghina

    • HAM ADALAH HAK-HAK DASAR YANG DIMILIKI MANUSIA SEBAGAI MANUSIA YANG BERASAL DARI TUHAN DAN TIDAK DAPAT D GANGGU GUGAT OLEH SIAPA PUN.

  20. thx ya udh ngasih tau jwbnny,gw lagi ngerjain pr pkn

  21. thanks yah atas artikel na…
    tugas gue terselamatkan dehhhh=)

  22. thanks yah atas artikel na….
    tugas gue udah terselamatkan dehhhh…=)

  23. HAM d’LagH hA9 Qta tUk mEnEriMA APpa iaN9 sHrusnya Qt tRima

  24. sri ingin kenalan ama anda tapi sri bukan indonesia sekarang tinggal dibelanda sri udah 12 tahun sri nikah ama orang belanda tapi sri lihat orang indonisia kebelanda sombong kebanyakan tidak bisa bahasa indonisia kita lahir indonisia bagai mana pendapat anda

  25. beritamya kurang lengkap pak gru !!
    masa cuma 2 lembar

  26. mksih atas informasinya….tp sbenernya agak kurang lengkap beritanya!!! bisa di tambahin lagi g???

  27. makssi artikelnya., numpang ngopi y., unk tgs pancasila…:-)

  28. thak ya atas informasinya

  29. Owh…. aq skrng dah ngerti…. makasih ya……..

  30. maksih ya bu,,,,,,
    lumayan bwt tugas pkn besok,,,

  31. ngebantu buat ujian kewargaanegaraan..thx

  32. akhir na tgas q dah selesai makasi’a

  33. thank ya akhir’a tugas gue selesai juga

    • terimakasih sudah bantuin aku untuk buat makalah, tapi aku juga mau nanya bagaimana konteks perkembangan ham, gagasan poko dan implikasinya bagi manusia ( sikap, perilaku,dan pengembangan hidup bersama )
      tolong yach …bantuin…thank

  34. terimakasih sudah bantuin aku untuk buat makalah

  35. [...] Hak Asasi Manusia By amel10 PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  36. klo mnurut sy,, bgi yg mlanggar HAM sbaiknya d hkum yg se_berat2nya……

  37. tolong saya.saya pengen curhat

  38. saya ingin nanya?

  39. daftar pustanya ga ada.:)

  40. gg da hak asasi doank tha.. ?

  41. lumayan nih. kebantu banget .
    makasih :)

  42. semoga tid4k terj@di pelanggaran HAM

  43. mudah – mudahan orang yang melanggar HAM cepat2 di tangkap dan langsung di hukum

  44. smga orang yg mekanggar ham di …….. apain kek

  45. ham hrs ad tuch klw dak hancur
    bumi

  46. menurut saya ham itu adalah sebuah hak atau kewajiban seorang warga negara agar bisa mematuhinya !!!!!!!!!

  47. ahk masih kurang ?buat tugas .. T.T

  48. Kok ngk ada mcam-mcam piagam HAM….??? :(

  49. HAM dibumi ini kan udch hampir punah ya……karna manusia nya yang udch tdk pnya hti nurni….eitz jgn mrh yaw,,,,,,,!!!!!!!!

  50. betul … betuk … betuk …

  51. jht amt y israel ith …..

  52. ya sya setuju tentanh ham itu……

  53. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  54. hah mang da yg mau melanggar ham astagfirullah haladzim

  55. [...] Sumber : http://gurupkn.wordpress.com/2008/02/22/pengertian-pengertian-hak-asasi-manusia/ [...]

  56. akulagi cari pelanggaran ham

  57. [...] http://gurupkn.wordpress.com/2008/02/22/pengertian-pengertian-hak-asasi-manusia/ var addthis_language = 'en'; VN:F [1.6.8_931]please wait…Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:F [1.6.8_931]Rating: 0 (from 0 votes)AKPC_IDS += "188390,";Popularity: unranked [?] [...]

  58. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  59. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  60. goodd ,, veryy goodd …
    gue kagum membacanyyhaa ,,
    mkasiehh atss info yang telahh diberikkann …

  61. numpang nnya y’… apa pengertian HAM dan kewajiban asasi manusia(KAM) dlam bab1 uu no thun 1999.

  62. thanks…berguna banget..:D

  63. kalau misalnya pelanggaran HAM dari jenis-jenis HAM itu apa aja ?

  64. thx ya mas, berguna bgt buat tugas kuliah :)

  65. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  66. maff saya mendapat tugasdari dosen tentang HAM itu sendiri begini pertanyaannya :
    1. apakah semua yang dikatakan HAK adalah HAK ASASI MANUSIA???
    2.Kapan suatu HAK disebut sebagai HAK ASASI MANUSIA??
    3. Apa nilai-nilai yang melandasi suatu HAK ASASI MANUSIA??
    “saya mohon bantuannya,,hari senin tugas ini harus saya kumpulkan!!!”

    • saya cobab menjawap pertanyan anda tapi maaf klo jawabanku ini kurang berkenan di hati saudara.
      1. tidak semua hak itu dikatakan sebagai ham. kenapa karna ham itu merupakan hakseperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM). dan ham itu ada setelah mqanusia lahir.dan hak
      tidak semuanya menjadi ham dimana hak itu bisa ada jika kewajiban ada
      sedangkan ham itu ada sejak manusia itu lahir.

    • suatu hak dikatakan sebagai HAM apabila manusia telah memenuhi kewajibannya untuk menuntut haknya maka disitu lah hak itu dikatakan sebagai ham

  67. saya di beri tugas oleh guru tentangang HAM
    makasih saya merasa dibantu sekali lagi terima kasih ya^_^

  68. pel pkn nyepot lah

  69. bismillah
    asslm . . .
    apa perbedaan dan persamaan pengadilan ham dan tipikor?
    krn saya kurang paham
    mohon d ksh pnjelasan . . .

  70. terima kasih buat pengertiannya ..

    HEUNCEUT sia jinx

    oops sorry ..

  71. tulisan anda menarik sebagai referensi.. semoga HAM tidak hanya terbatas pada pengertian2 dan retorika semata.. tp terejawantahkan dengan baik di lapangan..

  72. bgai mna tnggap
    n sodara tentang hak asasi dlm sla stu pil kdada krna kbnyakan hak2 kta dapat d beli…!

  73. :: good jobs ::

    :: lebih dinaekan lagi yah ::

    :: biar lebih baek lagi n perfect ::

  74. ok bener infonxa ::::

    bagussadegadogawa.co.id

  75. apa manfaat HAM bagi manusia .??
    balas

  76. Jangan menelan mentah – mentah HAM yang masuk atau datang ke Indonesia, banyak negara sudah bubar dan hancur karena menelan metah – mentah datangnya HAM, HAM yang datang atau masuk ke nusantara ini harus memperhatikan :
    1. Budaya.
    2. Karakter.
    3. Kebhinekaan.
    4. NKRI.
    5. Persatuan dan Kesatuan.

    Bagi mereka yang datang dari luar dan datang ke Indonesia kemudian menggurui / mendoktrin tentang HAM tapi dia sendiri tidak pernah menegakkan dan taat HAM, apakah pantas untuk mengajari HAM kepada kita ? ….. Kearifan lokal kita tentang HAM lebih bagus dari pada HAM yang mereka bawa.

  77. jgan lah ea
    gak baek bwat smua

  78. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  79. aasssiikkkkkk..!! ??” :D

  80. aasssiikkkkkkk..!! ??”

  81. NGOMONG OPO ?

  82. waaah hebat nech..

    eech omong omong bagaimana dengan penggunaan manusia untuk proyek seduluran di Indonesia yang menggunakan tenaga jin / dukun yang mengakibatkan… denger-denger banyak mbah meninggal..???
    Dan orang yang di jadikan proyek tidak tahu menahu tentang proyek tersebut. Dan tentunya tahu kan kalau ia dipermalukan di depan orang banyak juga mengalami percobaan pembunuhan??

  83. Terimakasih atas jawaban nya,,!!
    Jawaban ini sangat membantu saya,,!!

    Salam hangat untuk penulis,,!!

  84. hak asasi manusia harus di junjung tinggi…
    # :D:)

  85. salah satu hak yg termsuk katagori personal rights ap y/…

  86. apa sajakah jenis” ham yg berlaku dii indonesia ?

  87. di indonesia ham belum di kenal luas sehingga banyak orang yg tidak mengetahui apa itu ham,………..

  88. …………….

  89. HAM itu artinya apa sich….?
    klo tau balas ya…..!!!!

    soalnya gw punya remedial niee….

    suruh nyari pengertian hak asasi manusia .
    Untung ada ini yang beri tau jawaban nya tinggal copy dah

  90. APAKAH HAK MEMPEROLEH HADIAH BAGI YNG JUARA DAN HAK MEMILIH BAGI WNI YNG TELAH BERUMUR 17 TAHUN ATAU YANG TELAH MENIKAH SERTA HAK HIDUP TERGOLONG DALAM PENGERTIAN HAM ?
    MOHON JAWABAN NYA……………

  91. manfaat pengadilan HAM ITU APA YA

  92. kenal pak adji e gak,, kuarin duit 3 rebu,,langsung tuntas,,, by sman 32

  93. apa pengertian hak asasi dan hak sebagai warga negara ?

  94. lumayann ..:D
    bingung :p

  95. kenapa HAM sangat penting bagi manusia ???
    thank’s

  96. HHHHHHHHHHAAAAAAAAAAMMMMMMMMMM !!!!!!!!!!

  97. apakah HAM bisa diganti dengan HAorang ?

  98. mksii atas ilmu.a :)

  99. maksih bnyk ya atas , pengertian 2 ham :)

  100. Apakah hak Memperoleh Hadiah bagi yang juara dan hakm emilih bagi WNI yang telah berumur 17 tahun atau yang telah menikah serta hak tergolong dalam pengertian HAM ? ? ? ? MENGAPA ? ?

  101. dua pasal yang menerangkan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berpendapat itu apa saja?

  102. Kejahatan Gonosida tu pa ya ?????????? ;-)

  103. Thanks atas materinya ^^

  104. cara untuk menghargai HAM itu apa ?

  105. bagus banget yg bisa ngrancang

  106. jadi pengen terus belajar Pkn.

  107. satu titik dua koma
    nia cantik rivel yang punya

    .,,
    no komen

    by:junia sisva and rivel 4ever

  108. ITU BAGUS SEKALI PAS BUAT MATERI UTS PKN

  109. kenapa hak asasi manusia ada hukumnya ya…………………………

  110. bhmhmbkm?????????????……… . . . . . . . . . .

  111. Kejahatan apartheid apaan??

  112. Ini materi buat USEK besok u,u
    lengkap . makasi

  113. menurut pendapat anda mengapa banyak sekali kasus-kasus pelanggaran HAM yang tidak terungkap akan kebenarannya dan sampai saat ini masih bersifat abstrak siapa pelaku dan hukum yg seharusnya diberlakukan?apa faktor-faktor yang melatarbalakanginya?

    mohon balasannya..

  114. TUGAS JADI SELESAI

  115. Y KH

  116. cara menghargai ham bagaimana

  117. Mission Sukses…

    Hidup Indonesia

  118. bagaimana hubungan antara HAM dan reformasi yg smakin berkembang dengan yang sebelumnya ?

  119. artikel yang sangat membantu :D

  120. giving knowledge

  121. asik dapet pelajaran baru nih kk

  122. aku sangat mencintai kamu
    mengapa kau khianati cintaku

  123. bahasanya ngga ngerti, teralu rumit

  124. ku punya banyak pertanyaan bisa bantu gag….

  125. sudah-sudah jangan ribut.
    ada yg skit gigi.
    hehehehe

  126. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  127. [...] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA [...]

  128. LUMAYAN…
    goo job

  129. duchhh kurang lengkap nich tyus tgas gue nich gmna y???huh pas galau mondeyyeh……..”

  130. instrumen hak asasi manusia di dunia?

  131. [...] Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah setiap perbuatan seseoarang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang, dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM). Pengadilan Hak Asasi Manusia adalah Pengadilan Khusus terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat. Pelanggaran HAM yang berat diperiksa dan diputus oleh Pengadilan HAM meliputi : 1. Kejahatan genosida; 2. Kejahatan terhadap kemanusiaan Sumber ( pengantar pendidikan kewarganegaraan dan http://gurupkn.wordpress.com/2008/02/22/pengertian-pengertian-hak-asasi-manusia) [...]

  132. HAM hrus kita patuhi dan laksanakan

  133. […] PENGERTIAN-PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA | Guru PKn Belajar … […]

  134. Thank you tulisan tentang pengertian HAM ini begitu membantu tugas saya.

  135. asalamu`alaikum… saya sampaikan terimakasih kepada pemilik web ini, yang mana telah berkenan untuk berbagi ilmunya kepada kami sehingga apa yang di berikan ini senantiasa sangat bermanfaat dan sangat membantu kami dalam mengerjakan tugas.

  136. saya numpang baca jja ya

  137. yayayayayayayaya what ever

  138. Arti HAM ny kurang singkat dan efektif

  139. Arti HAM ny kurang singkat dan efektif .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: