Lomba Penelitian Ilmiah Remaja 2008

Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2008 kembali diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. LPIR diselenggarakan setiap tahunnya sejak 1977. Lomba penelitian ini untuk membangkitkan minat dan memupuk kegemaran remaja dalam melakukan kegiatan yang bersifat ilmiah.

Ruang lingkup ilmu yang diteliti yaitu ; pertanian, biologi, matematika, fisika, mesin, elektronika, kimia, geologi, kesehatan, psikologi, bahasa, kesusastraan, sejarah, kebudayaan, ekologi, antar bidang, ekonomi, manajemen, pendidikan, dan sosiologi. Karya tulis dapat berupa penemuan baru, rekaan asli, inovasi, serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan masyarakat.



Penyajian karya tulis harus memiliki judul yang menarik, singkat, dan mencerminkan isi karya penelitian. Diharapkan peserta tidak lupa menyertakan pendahuluan yang menerangkan intisari masalah yang diteliti, metode atau tatacara lain yang dipakai untuk mendapatkan data dan informasi. Hasil penelitian harus diuraikan berdasarkan pustaka yang dipakai. Daftar pustaka harus dicantumkan secara lengkap (nama penulis, tahun, judul buku/laporan, nama penerbit, kota). Terakhir, peserta dapat memberikan kesimpulan.

Intisari karya penelitian disajikan pada awal naskah dengan jelas dan tidak melebihi 250 kata. Naskah diketik atau ditulis rapih pada kertas ukuran kuarto atau A4. Peserta boleh meminta nasehat kepada guru atau ahli, tetapi penelitian harus merupakan hasil karya peserta sendiri.

Bagi peserta yang ingin mengikuti Lomba Penelitian Ilmiah Remaja 2008 harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI), yakni siswa SMP/MTs, SMA/MA negeri/swasta dan memiliki usia maksimum 19 tahun. Hasil karya dapat diajukan secara perorangan atau kelompok. Karya yang telah diajukan bersedia untuk diserahkan hak cipta hasil karyanya kepada penyelenggara. Tiap peserta harus tunduk kepada keputusan Dewan Juri.

Peserta juga harus mengikuti beberapa ketentuan khusus yang telah ditetapkan oleh panitia. Karya LPIR yang dikirim tidak boleh merupakan bahan yang diajukan untuk persyaratan ujian, penyelesaian tugas sekolah, dan lain-lainnya. Selain itu, karya yang diajukan tidak boleh diikutkan pada lomba lain dan juga bukan karya yang pernah diikutsertakan dalam lomba sebelumnya atau lomba lain yang sejenis. Apabila hasil karya yang terpilih sebagai finalis merupakan hasil karya kelompok, maka yang diundang hanya ketua atau salah satu anggota kelompok yang mendapat kepercayaan untuk mewakili kelompoknya, dengan persyaratan tertulis.

Semua karya yang masuk ke Sekretariatan Panitia akan diperiksa kesesuaiannya dan persyaratannya. Karya yang memenuhi persyaratan akan dinilai oleh Dewan Juri untuk dipilih dan ditentukan sejumlah karya terbaik sebagai finalis. Para finalis hasil penilaian Dewan Juri akan diminta kehadirannya di Jakarta pada waktu yang telah ditentukan untuk diwawancarai guna menentukan pemenang. Ayo, tunggu apalagi! Daftarkan dirimu segera. Wujudkan cita-cita sebagai peneliti remaja, melalui LPIR.

Silahkan Download :

Daftar Isian Peserta dalam format doc
Pengiriman karya Tulis dalam format doc
Hadiah dan Penghargaan dalam format doc

2 Tanggapan

  1. mba kirana kok infonya kurang lengkap ya, batas akhir pengirimannya kapan? boleh tahu website lpir gak? jawab ke email ku aja

  2. makasih banyak ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: