Artikulasi

Siswa membentuk kelompok berpasangan, kemudian seorang menceritakan materi yang disampaikan oleh guru dan yang lain sebagai pendengar setelah itu berganti peran.
Langkah-langkah:

  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
  2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
  3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
  4. Suruhlah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
  5. Suruh siswa secara bergiliran/ diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya, sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
  6. Guru mengulangi / menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
  7. Kesimpulan/ penutup.

kelebihan:
1. Semua siswa terlibat (mendapat peran).
2. Melatih kesiapan siswa.
3. Melatih daya serap pemahaman dari orang lain.

Kekurangan:
1. Untuk mata pelajaran tertentu.
2. Waktu yang dibutuhkan banyak.

5 Tanggapan

  1. please kasih tau dung. metode artikulasi itu pertama kali dikemukakan oleh siapa and bisa dapet buku tentang itu di mana ya???

  2. saya mau tanya tentang judul buku yang memuat model artikulasi ini.tolong dong kasih tahu.karim aja ke email saya. atas kesediaannya saya ucapkan terima kasih.

  3. mbak kiranawati tolong beri tahuQ referensi metode artikulasi ya? trus saya bisa dapat buku yang ada metode artikulasi dimana? tolong balas di email saya ya mbak. sebelume terima kasih

  4. bu, tlong donk kasih tahu saya judul buku yang memuat model artikulasi,pengarang dan penerbitnya. terimakasih bu…

  5. Model2 pembelajaran yang anda ciptakan, memacu saya untuk mengajarkannya didalam kelas.

Tinggalkan Balasan

