Mind Mapping

Suatu metode pembelajaran yang sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban.

Langkah-langkah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru mengemukakan konsep/ permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa , sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban.
  3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-5 orang.
  4. Tiap kelompok menginventarisasi/ mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
  5. Tiap kelompok membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
  6. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.

Kelebihan:

  1. Dapat mengemukakan pendapat secara bebas.
  2. Dapat bekerjasama dengan teman lainnya

Kekurangan:

  1. Hanya siswa yang aktif yang terlibat.
  2. Tidak sepenuhnya murid yang belajar

Satu Tanggapan

  1. mohon maaf, tentang mind mapping ini kalau bisa dibuat contoh-contoh konkritnya dong karena penjelasan di atas masih samar. Karena masih ada guru yang menganggap bahwa mind mapping itu rangkuman yang berupa tabel atau bagan. Hal ini berdasarkan temuan saya di sekolah saya, jadi mohon maaf kalau saya mengusulkan, mari kita sharing mengenai hal ini. Silahkan kirim e-mail ke tuti300756@yahoo.com. SEKIAN TERIMAKASIH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: