Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Pada metode ini siswa dibentuk kelompok untuk memberikan tanggapan terhadap wacana/ kliping.
Langkah-langkah:

  1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen.
  2. Guru memberikan wacana / kliping sesuai dengan topik pembelajaran.
  3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kertas.
  4. Mempresentasikan / membacakan hasil kelompok.
  5. Guru membuat kesimpulan bersama.
  6. Penutup.

Kelebihan:
1. Siswa dapat memberikan tanggapannya secara bebas.
2. Dilatih untuk dapat bekerjasama dan menghargai pendapat orang lain.

Kekurangan:
Pada saat presentasi hanya siswa yang aktif yang tampil
.

11 Tanggapan

  1. iya, klo langkah seperti yang ditulis, akan ada dominasi siswa aktif, mungkin langkah itu perlu ditambah dengan teman recognition….melalui individual score, overall scores, dan group performance…..dalam group performance kepasifan akan mengurangi nilai GP, sedang disparitas nilai individu juga akan mengurangi OS. Coba dey, pasti kelompok itu lebih aktif dan meriah.

  2. buk, punya buku referensi tentang CIRC? saya butuh. tolong dong, gimana caranya agar saya dapat buku tsb.thanks

  3. mohon bantuannya untuk mendapatkan buku2 atau teori2 tntg CIRC. saya sedang menulis skripsi dgn metode tsb. mohon bantuannya..
    trims…

  4. saya juga lagi butuh buku referensi CIRC?mohon bantuanya bu?

  5. saya juga butuh banget bukunya untuk nyusun skripsi, tolong sekali bu

  6. saya sedang membutuhkan buku circ dan teori2 ttg CIRC untuk menyusun skripsi mohon bantuannya bu,,,bagaimana saya mendapatkan buku tsb?

    terima kasih sebelumnya..

  7. saya jg lagi membutuhkan referensinya untuk menyelesaikan Strata 1 saya…tolong infonya ya…

  8. tq atas ilmunya, mnt daftr pustakanya dunk…..

  9. iya neh,, untuk menyelesaikan strata 1 saya,, saya lagi nyari2 buku referensi tentang CIRC ini,, can you give me some suggestions please?? reply please,, thx

  10. bu’bisa ga’ saya dapat info tentang CIRC,,,

Tinggalkan Balasan

