Metode Jigsaw

Pada dasarnya, dalam model ini guru membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen lebih kecil. Selanjutnya guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif yang terdiri dari empat orang siswa sehingga setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan sebaik-baiknya. Siswa dari masing-masing kelompok yang bertanggungjawab terhadap subtopik yang sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari yang terdiri dari dua atau tiga orang.

Siswa-siswa ini bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam: a) belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya; b) merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula. Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik tersebut kepada temannya. Ahli dalam subtopik lainnya juga bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh guru. Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik secara keseluruhan.

31 Tanggapan

  1. TOLONG KIRIMKAN MATERI PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW SECARA JELAS, BEGITU PULA DENGAN LANGKAH-LANGKNHNYA.CEPAT YA,…….(SAYA SANGAT PERLU)

  2. maaf, jika berkenan nich, saya pingin punya materi atau metode tipe jigsaw lengkap, bisa kirimkan ke saya kan, thank a lot

  3. TOLONG KIRIMKAN MATERI PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW SECARA JELAS, BEGITU PULA DENGAN LANGKAH-LANGKNHNYA.CEPAT YA,…….(SAYA SANGAT PERLU banget nich) thank’s 4 all

  4. Saya sedang menyusun laporan PTK tipe Jigsaw, tapi saya terkendala dengan sistematika penulisannya. Mohon kiriman sistematika penulisan dan contoh Tipe Jigsaw, Thanks.

  5. tolong kirim pengertian metode jigsaw dan bagaimana menerapkannya pada siswa SMA pada pembelajaran bahasa indonesia. maksih bgt ya.

  6. semangatlah guru PKN dalam berbagai materi.

  7. Tulisan anda sangat bagus, mg lebih ditingkatkan lagi dan terfokus
    tolong isi blog saya ya….mo tukar info pendidikan klik aja disini
    http://www.s1pgsd.blogspot.com

    mg bermanfaat bagi kemajuan pendidikan kita…amien…..

  8. Tolong kirimkan artikel-artikel tentang pembelajaran jigsaw yang lengkap, terima kasih sebelumnya

  9. kirim e mail dong tentang jigsaw dan metode terbaru ke e mail ini mu2mu@ymail.com

  10. oh yah saya lupa kirimin artikelnya juga

  11. maaf, jika berkenan, saya pingin punya materi atau metode tipe jigsaw lengkap, bisa kirimkan ke saya kan, thank a lot

  12. kirimkan saya materti ini dengan lengkap ya tolong,

  13. as. saya minta ulasan lengkap materi jigsaw nya buat di pakai di yayasan panti asuhan saya

  14. Saya sedang menyusun laporan PTK tipe Jigsaw, tapi saya terkendala. Mohon kiriman sistematika penulisan dan contoh penulisan PTK tersebut , Thanks.

  15. saya sedang menulis PTk tentang membaca memindai pada pelajaran bahasa indonesia saya terkendala pada BAB IV PEMBAHASAN mohon kirimkan sistematikanya ,makasih

  16. saya membuat ptk tentang perilaku keberanian mengeluarkan pendapat dengan pendekatan tipe zig saw tetapi saya terkendala pada bab III pada langkah- langkah penelitian dengan siklus I , SIKLUS II dan siklus III MOHON KIRIMKAN SISTEMATIKANYA , makasih

  17. […] METODE JIGSAW Pada dasarnya, dalam model ini guru membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen lebih kecil. Selanjutnya guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif yang terdiri dari empat orang siswa sehingga setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan sebaik-baiknya. Siswa dari masing-masing kelompok yang bertanggungjawab terhadap subtopik yang sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari yang terdiri dari dua atau tiga orang. Siswa-siswa ini bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam: a) belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya; b) merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula. Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik tersebut kepada temannya. Ahli dalam subtopik lainnya juga bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh guru. Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik secara keseluruhan. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: