Explicit Instruction (Pengajaran Langsung)

Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah.

Langkah-langkah:

1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan.
3. Membimbing pelatihan.
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik.
5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan.

Kelebihan:
1. Siswa benar-benar dapat menguasai pengetahuannya.
2. Semua siswa aktif / terlibat dalam pembelajaran.

Kekurangan:
1. Memerlukan waktu lama sehingga siswa yang tampil tidak begitu lama.
2. Untuk mata pelajaran tertentu.

12 Tanggapan

  1. cocoknya buat pelajaran yang gimana ya pak?

    ——————————————
    Metode ini sangat cocok untuk pengajaran prosedur dan komputasi matematik, belajar membaca, membedakan fakta dari opini, fakta dan konsep ilmiah, fakta-fakta dan konsep ilmu sosial, keterampilan yang berkaitan dengan peta, dan kosa kata bahasa asing. Sebaliknya metode ini kurang berhasil jika digunakan untuk materi pembelajaran yang strukturnya kurang tegas, seperti belajar mengarang, pemahaman bacaan, analisa sastera atau trend sejarah

  2. kalo untuk mata pelajaran fisika bisa kan pak??? reply ke email sy, terima kasih

  3. saya sedang membuat makalah mengenai explicit instruction, tapi saya tidak punya referensi mengenai landasan teorinya, dapatkah anda membantu saya memberikan landasan teori dari explicit instruction?

  4. bapak mengatakan kalu model expliicit intruction ini kurang berhasil diterpkan pada analisa sastra, pada tanggapan bapak oleh zainuri. Jadi kalau model pembelajaran explicit instruction ini dipakai untuk menulis puisi nggak bisa ya???????????
    padahal saya sedang membuat model ini pada pelajaran menulis puisi..

  5. maksih, lumayan buat tambah materi ajaaaa

  6. pak,saya sedang menyusun skripsi tentng explicit instruction, tp sya msh kewalahan tentang referensiny. Tlg ya pak, bpk ksh tau tntg judul buku yang bisa saya pake tuk referensi.

  7. pak,saya mw menyusun skripsi mengenai penerapan model pembelajaran explicit instruction, tp saya terapkan untuk mata pelajaran teknik mesin,,apakah cocok???

  8. pak,saya mw menyusun skripsi mengenai model pembelajaran explicit instruction yang saya terapkan pada pelajaran fisika.apakah cocok??dan bisa gak bagi-bagi referensinya?saya butuh banget referensi itu.tlg y pak.krm ke email saya y pak.trim’s sebelumnya.

  9. saya lg membuat skripsi tentang model explicit instruction dlm menulis cerpen. bisakah anda memberikan referemsi buku tentang modelnya yg lengkap kalo ada referensi tentang cerpen jg.

  10. pak.. saya skrg sedang menyusun makalah tentang model pembelajaran ini, kendala yg saya hadapi skrg adalah referensinya, bisa minta tolong ya pak kaasi tw judul buku, pengarang dan dimana saya bisa temui buku itu. saat ini saya sangat butuh pak. tks

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

