Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)

Metode investigasi kelompok sering dipandang sebagai metode yang paling kompleks dan paling sulit untuk dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif. Metode ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills). Para guru yang menggunakan metode investigasi kelompok umumnya membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5 hingga 6 siswa dengan karakteristik yang heterogen. Pembagian kelompok dapat juga didasarkan atas kesenangan berteman atau kesamaan minat terhadap suatu topik tertentu. Para siswa memilih topik yang ingin dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik yang telah dipilih, kemudian menyiapkan dan menyajikan suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan. Adapun deskripsi mengenai langkah-langkah metode investigasi kelompok dapat dikemukakan sebagai berikut:

a. Seleksi topik
Parasiswa memilih berbagai subtopik dalam suatu wilayah masalah umum yang biasanya digambarkan lebih dahulu oleh guru. Para siswa selanjutnya diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi pada tugas (task oriented groups) yang beranggotakan 2 hingga 6 orang. Komposisi kelompok heterogen baik dalam jenis kelamin, etnik maupun kemampuan akademik.

b. Merencanakan kerjasama
Parasiswa beserta guru merencanakan berbagai prosedur belajar khusus, tugas dan tujuan umum yang konsisten dengan berbagai topik dan subtopik yang telah dipilih dari langkah a) di atas.

c. Implementasi
Parasiswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan pada langkah b). Pembelajaran harus melibatkan berbagai aktivitas dan ketrampilan dengan variasi yang luas dan mendorong para siswa untuk menggunakan berbagai sumber baik yang terdapat di dalam maupun di luar sekolah. Guru secara terus-menerus mengikuti kemajuan tiap kelompok dan memberikan bantuan jika diperlukan.

d. Analisis dan sintesis
Parasiswa menganalisis dan mensintesis berbagai informasi yang diperoleh pada langkah c) dan merencanakan agar dapat diringkaskan dalam suatu penyajian yang menarik di depan kelas.

e. Penyajian hasil akhir
Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar semua siswa dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasi kelompok dikoordinir oleh guru.

f. Evaluasi
Guru beserta siswa melakukan evaluasi mengenai kontribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat mencakup tiap siswa secara individu atau kelompok, atau keduanya.

About these ads

35 Tanggapan

  1. tolong penjelasan yang rinci tentang model pembelajaran investigasi

  2. apa sih model pembelajaran investigasi kelompok itu?

  3. bahas lebih detail lagi, cos mulai tertarik neh ma model pembelajaran buat referensi…

  4. tolong diberi penjelasan yang lebih detil mengenai model investigasi ini buat referensi saya…..
    terutama penerapannya dalam pembelajaran matematika…
    thanx before.
    please send the replay to my email…….
    thanx so much…

  5. tolong dilengkapi lagi

  6. please kasih penjelasan yang lebih banyak lagi soal metode GI. Soale saya mau bikin skripsi tentang penerapan metode GI beserta judul2 buku yang bisa dijadikan referensi tentang metode GI. Tolong banget di replay di email saya. Tolong banget ya!!!!!!

  7. Tlg lebih di perjelas lagi n berikan 1 contoh pemecahan masalah suatu topik dgn menggunakan metode investigasi kelompok ini… Mksh..!!

  8. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  9. Saya belum ngerti tentang GI ini, jadi tlg bantu saya ya…….. soalnya saya mau buat skripsi tentang GI… Plese, help me

  10. tolong penjelasan yang jelas tentang Gi dan refrensi tentang GI…buat skripsi..oh ya.,saya bingung untuk menerapkan GI pada materi teorema pythagoras…tolong bantuannya…,balas ke email saya ya..terimakasih banyak..balasannya minta ma yang atas ya…

  11. tolong diberi penjelasan yang lebih rinci lagi dan juga contoh penerapannya dalam belajar matematika
    tolong kirim ke email saya ya
    terima kasih banyak

  12. aku mau minta bantuan penjelasan tentang metode pembelajaran investigasi kelompok ( GI ), pada pokok bahaan sudut-sudut istimewa segitiga siku-siku, karena pada pokok bahasan ini aku ambil untuk di jadikan judul tulian akhir

  13. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  14. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  15. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  16. Saya sedang membuat tesis tentang group investigation.Saya minta penjelasan lebih lanjut dan buku2 sumber apa saja yang bisa dijadikan sumber……..

  17. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  18. tolong kirin contoh RPP grup investigatiion to lebih mendalami metode ini biar lebih paham…terima kasih…

  19. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  20. Terima kasih atas informasinya, semoga sukses buat semuanya.

  21. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  22. buku apa yang jadi referensi bapa …. ???
    Boleh saya tau,biar nanti saya bacanya lebih enak
    Makalah bapa sangat mebant tugas – tugas saya

  23. saya mhn ijin ngopy info tntg |GI ni ya, makasih

  24. [...] Metode Group Investigation Filed under: Uncategorized by herdianwibisono — Tinggalkan komentar Oktober 6, 2010 Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  25. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  26. sya mohon tolng berikan cara pemberian nilai kpda siswa dengn menggunakan metode GI. trus procedure penggunaan metode GI . trimakasi….

  27. [...] METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) Metode investigasi kelompok sering dipandang sebagai metode yang paling kompleks dan paling sulit untuk dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif. Metode ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills). Para guru yang menggunakan metode investigasi kelompok umumnya membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5 hingga 6 siswa dengan karakteristik yang heterogen. Pembagian kelompok dapat juga didasarkan atas kesenangan berteman atau kesamaan minat terhadap suatu topik tertentu. Para siswa memilih topik yang ingin dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik yang telah dipilih, kemudian menyiapkan dan menyajikan suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan. Adapun deskripsi mengenai langkah-langkah metode investigasi kelompok dapat dikemukakan sebagai berikut: a. Seleksi topik Parasiswa memilih berbagai subtopik dalam suatu wilayah masalah umum yang biasanya digambarkan lebih dahulu oleh guru. Para siswa selanjutnya diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi pada tugas (task oriented groups) yang beranggotakan 2 hingga 6 orang. Komposisi kelompok heterogen baik dalam jenis kelamin, etnik maupun kemampuan akademik. b. Merencanakan kerjasama Parasiswa beserta guru merencanakan berbagai prosedur belajar khusus, tugas dan tujuan umum yang konsisten dengan berbagai topik dan subtopik yang telah dipilih dari langkah a) di atas. c. Implementasi Parasiswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan pada langkah b). Pembelajaran harus melibatkan berbagai aktivitas dan ketrampilan dengan variasi yang luas dan mendorong para siswa untuk menggunakan berbagai sumber baik yang terdapat di dalam maupun di luar sekolah. Guru secara terus-menerus mengikuti kemajuan tiap kelompok dan memberikan bantuan jika diperlukan. d. Analisis dan sintesis Parasiswa menganalisis dan mensintesis berbagai informasi yang diperoleh pada langkah c) dan merencanakan agar dapat diringkaskan dalam suatu penyajian yang menarik di depan kelas. e. Penyajian hasil akhir Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar semua siswa dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasi kelompok dikoordinir oleh guru. f. Evaluasi Guru beserta siswa melakukan evaluasi mengenai kontribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat mencakup tiap siswa secara individu atau kelompok, atau keduanya. [...]

  28. q butuh bantuan tuk buat skripsi yg berkaitan dengan pembelajaran IPS dalam metode model pembelajaran group investigation.
    q sungguh berharap akan bantuan anda dan tlong krim ke email q. q tunggu……

  29. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  30. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  31. [...] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) [...]

  32. apa sich pengertian investigasi kelompok itu sendiri

  33. [...] METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) [...]

  34. […] Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: